YANG BISA KAMU LAKUKAN WISATA/TOUR

BOMISAI VISITOR CENTRE & KOLAM BIRAS

Bomisai Visitor Centre terletak tidak jauh dari gerbang masuk kawasan Taman Nasional Wasur. Bomisai Visitor Centre adalah sebuah gedung pusat informasi Taman Nasional Wasur. Bomisai sendiri merupakan nama lokal untuk penyebutan rumah/ sarang semut rayap yang sangat khas di lanskap ekologi Wasur. Ini merupakan satu-satunya di Asia Tenggara selain di lankskap Australia. Di Bomisai Visitor Centre kamu bisa mengetahui pengelolaan Taman Nasional Wasur dan potensi keanekaragaman hayati yang ada di dalam kawasan taman nasional. Tidak jauh dari Bomisai Visitor Centre, kamu juga bisa beristirahat di pondok-pondok apung di Kolam Biras. Kamu dapat menghabiskan sore bersama keluarga, bermain perahu tradisional, dan berenang di kolam alam.

BUMI PERKEMAHAN WASUR

Bagi kamu yang ingin menghabiskan malam di dalam kawasan taman nasional, kamu bisa bermalam di bumi perkemahan Wasur yang juga tidak jauh dari gerbang masuk utama. Bawa tenda dan peralatan outdoor-mu, dan jadilah petualang sejati. Dilengkapi dengan fasilitas outbound dan juga pendopo, serta tempat sampah juga tersedia di sana. Yang penting, jaga kebersihan ya, dan jangan merusak rumah-rumah semut rayap yang ada di sekitar bumi perkemahan. Dan yang pasti kamu bisa bermain bersama teman-teman.

DANAU RAWA BIRU DI KAMPUNG RAWA BIRU

Danau Rawa Biru adalah jantung Taman Nasional Wasur, terletak di Kampung Rawa Biru. Kamu bisa berkeliling Danau Rawa Biru menggunakan perahu masyarakat untuk menikmati panorama alam di tempat ini. Cukup membayar Rp. 300.000 per perahu (untuk 2 orang) dan bisa dibayarkan langsung di tempat. Jangan lupa untuk membayar Rp. 5000 untuk kas kampung ya. Catatan: Harga yang dibayarkan di lokasi diluar harga tiket masuk kawasan Taman Nasional. Danau Rawa Biru juga merupakan sumber air bersih bagi masyarakat Kota Merauke.

PENANGKARAN ANGGREK DI KAMPUNG WASUR

Buat pecinta anggrek eksotik, anggrek asli kawasan Wasur sudah berhasil ditangkarkan loh. Adalah warga setempat di bawah binaan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Merauke dan Taman Nasional Wasur telah berhasil mengembangkan anggrek tersebut. Jika ingin beristirahat sejenak, dengan membayar Rp. 40.000 anda dapat menyewa satu pondok apung untuk seharian.

PANTAI ONGGAYA

Pantai Onggaya adalah pantai pasir putih yang berada di selatan kawasan Taman Nasional Wasur. Tepatnya terletak di Kampung Onggaya. Kamu bisa bersantai di sini sambil menikmati matahari terbenam. Selain itu, jika beruntung kamu juga bisa melihat burung-burung yang datang dari Australia.